Judul Jurnal : Modernizing use of regression models in physics education research: A review of hierarchical linear modeling
Jurnal ini berfokus dalam penggunaan model
analisis untuk penelitian pendidikan fisika dengan membandingkan model regresi
linier ganda dan model hierarki linier. Dimana penggunaan model hierarki linier
mampu menjelaskan struktur tingkatan yang ada dalam suatu data tanpa
menghasilkan bias. Dalam artikel ini dikaji pula aspek teoritis dari perbedaan
mendasar bagaimana model tunggal dan model ganda dalam menganalisis dataset
yang hierarki. Penelitian ini memanfaatkan kumpulan data multi-institusi untuk
meningkatkan pemahaman dasar tentang bagaimana cara untuk mendukung
keberhasilan siswa dalam mata pelajaran fisika. Namun, tidak ada perbaikan post
hoc, jika peneliti menggunakan model tingkat tunggal yang tidak tepat untuk
menganalisis kumpulan data bertingkat.
Kebaharuan yang dituliskan dalam jurnal ini
adalah penggunaan model hierarki linier yang memenuhi untuk digunakan dalam penelitian
pendidikan fisika. Karena model hierarki mampu menganalisis kumpulan data
hierarki yang memiliki tingkatan level yang berbeda tanpa menimbulkan bias. Kemudian
jurnal ini juga menyajikan bahan tambahan yang termasuk dalam kumpulan sampel
data, kode R untuk memodelkan analisis dan disajikan output model hierarki
linier dari kode R tersebut.
Dalam pemodelan hierarki linier, tidak ada
asumsi independensi yang dikembangkan secara khusus untuk kumpulan data
hierarki. Pemodelan hierarki linier menganalisis data dengan membuat model
regresi unik untuk setiap permasalahan yang memuat tingakatan variabel siswa
dan menguji perbedaan dari setiap bagian untuk memodelkan variabel tingaktan
pembelajaran. Pemodelan hierarki linier memberikan keuntungan dibandingkan
dengan disagregasi dan agregasi tanpa memperkenalkan kekurangannya, sehingga
menjadikan pemodelan hierarki linier menjadi metode yang lebih disukai untuk
menangani data bertingkat.
Nama : Fithrotul Azizah
NIM : 220321810697
Prodi : Magister Pendidikan Fisika
No comments:
Post a Comment