Wednesday, November 16, 2022

Resume Jurnal Statistik Inferensial (Pertemuan Keduabelas)

 



Judul : Implementing Facebook-based Instructional Approach in Pre-service Teacher Education: An Empirical Investigation


Kebaruan (Novelty Jurnal) :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pendekatan pembelajaran dalam konteks pendidikan guru melalui media sosial facebook. Penelitan ini dilatar belakangi oleh penggunaan system jejaring sosial yang massif digunakan di perguruan tinggi, sehingga perlu adanya cara untuk mengembangkan teknik pembelajaran online. Jejaring sosial yang diteliti pada artikel ini adalah Facebook, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi, berkolaborasi, dan membentuk koneksi sosial. Dalam praktik pembelajaran saat ini, pendidik dan peneliti sangat merekomendasikan pendekatan sosiokonstruktivis untuk melibatkan peserta didik dalam proses belajar dan meningkatkan hasil belajar. Kedepannya, implementasi efektif dari teknologi ini sangat bergantung pada niat positif guru, yang sebagian besar dibentuk oleh pengalaman aktual mereka dengan teknologi tersebut.

Secara khusus, penelitian ini dimaksudkan untuk menilai efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis Facebook pada prestasi belajar guru pra-jabatan dan keterlibatan dalam pedagogi matematika. Studi ini bermaksud untuk mengatasi kesenjangan penelitian dalam literatur yang ada dengan menyoroti relevansi dan pentingnya Facebook sebagai alat pembelajaran potensial dalam konteks pendidikan guru prajabatan. Populasi penelitian adalah guru pra-jabatan tahun pertama yang terdaftar di School of Education di universitas negeri di India.


Cuplikan interaksi di grup Facebook

Metode Data Statistika :

Digunakan desain quasi-eksperimen (pre-test post-test non-equivalent control group).

Tes prestasi terdiri dari 52 item objektif dan hasil Cronbach alphanya untuk konsistensi reliabilitas internal menghasilkan nilai r = 0.708. PsTES dikembangkan untuk menentukan tingkat keterlibatan guru prajabatan dan hasil Cronbach alphanya untuk keseluruhan instrument menghasilkan nilai r = 0.894, mengindikasikan konsistensi internal yang tinggi.

Dalam artikel ini digunakan metode statistika studi uji-t sampel berpasangan, ANCOVA, dan MANCOVA. ANCOVA digunakan untuk mengeluarkan sebagian pengaruh kovariat terhadap variabel terikat. Dalam penelitian ini, karena guru pra-jabatan di kelas termasuk dalam intervensi, ANCOVA dianggap cocok untuk mengetahui pengaruh perbedaan antara efek utama perlakuan terhadap variabel terikat. Untuk mengontrol secara ketat efek dari pengetahuan dan keterlibatan sebelumnya, skor pencapaian pembelajaran pre-test guru pra-jabatan dan skor keterlibatan pre-test dianggap sebagai kovariat. MANCOVA adalah teknik statistik yang merupakan perpanjangan dari ANCOVA dan digunakan dalam kasus di mana ada dua atau lebih tingkat variabel dependen.

Dalam penelitian ini, ANCOVA dan MANCOVA digunakan sebagai pengganti serangkaian uji-t independen karena akurasinya dalam menilai pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.

 

Hasil : Analisis ANCOVA menunjukkan pendekatan instruksional menyebabkan prestasi belajar yang lebih baik dan adanya keterlibatan dari peserta didik. Analisis MANCOVA menunjukkan hasil yang signifikan untuk keterlibatan sesama rekan dan keterlibatan online.

 Nama : Fithrotul Azizah  NIM : 220321810697  Prodi : Magister Pendidikan Fisika



No comments:

Post a Comment

Berdo'a kepada Allah Melalui Kanjeng Nabi Muhammad SAW

 Oleh : KH Syaifuddin Zuhri Tempat : Masjid Al-Azhar Turen Usaha kita yang pendosa ini adalah berusaha dan berdo'a, meminta wasilah kubr...