Judul : Implementing
Facebook-based Instructional Approach in Pre-service Teacher Education: An
Empirical Investigation
Kebaruan (Novelty
Jurnal) :
Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk menerapkan pendekatan pembelajaran dalam konteks pendidikan
guru melalui media sosial facebook. Penelitan ini dilatar belakangi oleh
penggunaan system jejaring sosial yang massif digunakan di perguruan tinggi,
sehingga perlu adanya cara untuk mengembangkan teknik pembelajaran online.
Jejaring sosial yang diteliti pada artikel ini adalah Facebook, yang
memungkinkan pengguna untuk berbagi, berkolaborasi, dan membentuk koneksi
sosial. Dalam praktik pembelajaran saat ini, pendidik dan peneliti sangat
merekomendasikan pendekatan sosiokonstruktivis untuk melibatkan peserta didik dalam
proses belajar dan meningkatkan hasil belajar. Kedepannya, implementasi efektif
dari teknologi ini sangat bergantung pada niat positif guru, yang sebagian
besar dibentuk oleh pengalaman aktual mereka dengan teknologi tersebut.
Cuplikan interaksi di
grup Facebook
Metode Data Statistika
:
Digunakan desain quasi-eksperimen
(pre-test post-test non-equivalent control group).
Tes prestasi terdiri
dari 52 item objektif dan hasil Cronbach alphanya untuk konsistensi
reliabilitas internal menghasilkan nilai r = 0.708. PsTES dikembangkan untuk
menentukan tingkat keterlibatan guru prajabatan dan hasil Cronbach alphanya
untuk keseluruhan instrument menghasilkan nilai r = 0.894, mengindikasikan
konsistensi internal yang tinggi.
Dalam artikel ini
digunakan metode statistika studi uji-t sampel berpasangan, ANCOVA, dan MANCOVA.
ANCOVA digunakan untuk mengeluarkan sebagian pengaruh kovariat terhadap
variabel terikat. Dalam penelitian ini, karena guru pra-jabatan di kelas termasuk
dalam intervensi, ANCOVA dianggap cocok untuk mengetahui pengaruh perbedaan
antara efek utama perlakuan terhadap variabel terikat. Untuk mengontrol secara
ketat efek dari pengetahuan dan keterlibatan sebelumnya, skor pencapaian
pembelajaran pre-test guru pra-jabatan dan skor keterlibatan pre-test dianggap
sebagai kovariat. MANCOVA adalah teknik statistik yang merupakan perpanjangan
dari ANCOVA dan digunakan dalam kasus di mana ada dua atau lebih tingkat
variabel dependen.
Dalam penelitian ini,
ANCOVA dan MANCOVA digunakan sebagai pengganti serangkaian uji-t independen
karena akurasinya dalam menilai pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.
Hasil : Analisis ANCOVA
menunjukkan pendekatan instruksional menyebabkan prestasi belajar yang lebih
baik dan adanya keterlibatan dari peserta didik. Analisis MANCOVA menunjukkan
hasil yang signifikan untuk keterlibatan sesama rekan dan keterlibatan online.
No comments:
Post a Comment