Judul Jurnal : Analysis of the Development of Critical Thinking Instruments Test in Physics
DOI : 10.2991/aer.k.211215.105
Latar
Belakang Masalah
Penilaian instrumen tes
berpikir kritis bersifat kualitatif dan kontekstual untuk menggali proses
berpikir memecahkan masalah dengan menghubungkan dan mengkonstruk data untuk
menyimpulkan. Soal kualitatif adalah soal yang dapat mengidentifikasi makna
fisika yang dihubungkan dengan konsep fisika. Sedangkan soal kontekstual mengandung
konteks dalam kehidupan sehari-hari untuk diterapkan dalam kehidupan. Dilihat
dari pentingnya pengembangan instrumen penilaian tes berpikir kritis dalam
mengukur kemampuan berpikir kritis, maka perlu dilakukan pemetaan telaah hasil
penelitian terhadap pengembangan instrumen tes berpikir kritis yang telah
dilakukan oleh para peneliti sebelumnya.
Solusi
yang Ditawarkan
Penelitian ini
merupakan studi kepustakaan dengan menggunakan metode Bibliometrik. Teknik
analisis bibliometrik dilakukan pemetaan dengan topik metode pengembangan,
bentuk instrumen, indikator instrumen, kelayakan instrumen, subjek penelitian,
media, hasil implementasi instrumen tes berpikir kritis, materi, dan model
pembelajaran.
Tahapan penelitian adalah mengumpulkan dan
memilih data sekunder artikel penelitian melalui aplikasi Publish or Perish
(PoP) menggunakan database Google Scholar dan Scopus tahun 2016-2020. Kemudian,
melengkapi atribut makalah melalui perangkat lunak Mendeley, memvisualisasikan
pemetaan data berdasarkan judul dan bidang abstrak menggunakan perangkat lunak
VOS viewer, serta menganalisis dan mendeskripsikan topik kajian penelitian.
Analisis
Hasil
Gambar 1 : Visualisasi
Jaringan instrumen tes berpikir kritis.
Dari hasil didapatkan
bahwa metode pengembangan R&D adalah metode yang paling banyak digunakan
oleh peneliti sebagai tes keterampilan berpikir kritis. Bentuk soal yang dibuat
berupa pilihan ganda, esai terbuka, tes uraian, dan tes diagnostik terkait
indikator berpikir kritis yang dikemukakan oleh Ennis dan Facione. Rumusan
masalah adalah pengujian kelayakan instrumen melalui validitas dan reliabilitas
soal. Instrumen soal yang valid akan diujikan pada siswa, mahasiswa, dan guru
prakerja dibantu dengan media papertest dan web beserta aplikasi dengan materi
yang sering diujicobakan yaitu optik.
No comments:
Post a Comment