Judul
: Development of basic physics experiments
based on science process skills (SPS) to enhance mastery concepts of physics
pre-service teachers in Melde's law
Permasalahan :
Kegiatan
eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan panduan berupa lembar kerja yang
sudah dibuat sangat rinci tidak memungkinkan siswa untuk berpikir seperti
ilmuwan. Hal ini berdampak pada keterampilan proses sains yang tidak terlatih
dengan baik, demikian pula dengan penguasaan konsep dari materi yang dipelajari
dalam kegiatan eksperimen. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa
keterampilan proses sains (KPS) calon guru masih rendah, terutama dalam
menentukan hubungan antar variabel percobaan dan merancang prosedur percobaan.
Rendahnya KPS ternyata berdampak pada rendahnya kemampuan penguasaan konsep
siswa.
Novelty
:
Pengembangan
KPS berbasis eksperimen dilakukan dengan menekankan pada pelatihan KPS dasar di
awal perkuliahan melalui topik-topik eksperimen sederhana ke arah yang lebih
kompleks. Perubahan ini dituangkan dalam lembar kerja mahasiswa yang dirancang
dengan menggunakan pendekatan KPS seperti yang telah dilakukan pada penelitian
sebelumnya, namun dengan menekankan pada keterampilan dasar KPS, yaitu pada
bagian kegiatan observasi.
Tujuan
penelitian :
Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan eksperimen fisika dasar untuk meningkatkan
penguasaan konsep dalam hukum Melde.
Metode
:
Penelitian
dan pengembangan (R&D) dilakukan dengan melibatkan mahasiswa calon guru
fisika sebanyak 18 orang pada tahun pertama dan 15 orang pada tahun kedua
sebagai sampel penelitian. Eksperimen dikembangkan melalui pengembangan lembar
kerja mahasiswa berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) yang telah direview
dan dinilai oleh ahli, yang meliputi kegiatan mengamati, mengkomunikasikan, mengklasifikasikan,
mengukur, menginferensi, memprediksi, mengidentifikasi variabel, membuat
hipotesis, mendefinisikan variabel secara operasional, merancang percobaan,
memperoleh dan mengolah data sampai pada kesimpulan.
Materi
percobaan pada penelitian ini adalah percobaan Hukum Melde dengan setting
seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Pertanyaan
yang mengaitkan parameter string pada gambar di bawah ini:
Hasil
:
Siswa
dengan KPS yang baik memiliki kemampuan untuk menyerap informasi dalam
pembelajaran dengan baik sehingga dapat menguasai materi pelajaran dengan baik.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pengembangan KPS berbasis eksperimen
pada penelitian tahun kedua ini lebih baik dari penelitian-penelitian
sebelumnya.
Kesimpulan
:
Pengembangan
eksperimen fisika dasar berbasis Keterampilan Proses Sains yang diawali dengan
pengamatan fenomena fisika dengan menekankan KPS dasar di awal perkuliahan
melalui topik-topik eksperimen sederhana secara lebih kompleks membuat
mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan proses sains. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengembangan eksperimen berbasis KPS mampu melatih KPS dengan
baik dan meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa.
Nama : Fithrotul Azizah
NIM : 220321810697
No comments:
Post a Comment