Thursday, March 16, 2023

Pekan ke – Sembilan : Asesmen Penguasaan Konsep Fisika


Judul : Development of basic physics experiments based on science process skills (SPS) to enhance mastery concepts of physics pre-service teachers in Melde's law

DOI

Permasalahan :

Kegiatan eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan panduan berupa lembar kerja yang sudah dibuat sangat rinci tidak memungkinkan siswa untuk berpikir seperti ilmuwan. Hal ini berdampak pada keterampilan proses sains yang tidak terlatih dengan baik, demikian pula dengan penguasaan konsep dari materi yang dipelajari dalam kegiatan eksperimen. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa keterampilan proses sains (KPS) calon guru masih rendah, terutama dalam menentukan hubungan antar variabel percobaan dan merancang prosedur percobaan. Rendahnya KPS ternyata berdampak pada rendahnya kemampuan penguasaan konsep siswa.

Novelty :

Pengembangan KPS berbasis eksperimen dilakukan dengan menekankan pada pelatihan KPS dasar di awal perkuliahan melalui topik-topik eksperimen sederhana ke arah yang lebih kompleks. Perubahan ini dituangkan dalam lembar kerja mahasiswa yang dirancang dengan menggunakan pendekatan KPS seperti yang telah dilakukan pada penelitian sebelumnya, namun dengan menekankan pada keterampilan dasar KPS, yaitu pada bagian kegiatan observasi.

Tujuan penelitian :

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan eksperimen fisika dasar untuk meningkatkan penguasaan konsep dalam hukum Melde.

Metode :

Penelitian dan pengembangan (R&D) dilakukan dengan melibatkan mahasiswa calon guru fisika sebanyak 18 orang pada tahun pertama dan 15 orang pada tahun kedua sebagai sampel penelitian. Eksperimen dikembangkan melalui pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) yang telah direview dan dinilai oleh ahli, yang meliputi kegiatan mengamati, mengkomunikasikan, mengklasifikasikan, mengukur, menginferensi, memprediksi, mengidentifikasi variabel, membuat hipotesis, mendefinisikan variabel secara operasional, merancang percobaan, memperoleh dan mengolah data sampai pada kesimpulan.

Materi percobaan pada penelitian ini adalah percobaan Hukum Melde dengan setting seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Pertanyaan yang mengaitkan parameter string pada gambar di bawah ini:

Hasil :

Siswa dengan KPS yang baik memiliki kemampuan untuk menyerap informasi dalam pembelajaran dengan baik sehingga dapat menguasai materi pelajaran dengan baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pengembangan KPS berbasis eksperimen pada penelitian tahun kedua ini lebih baik dari penelitian-penelitian sebelumnya.

Kesimpulan :

Pengembangan eksperimen fisika dasar berbasis Keterampilan Proses Sains yang diawali dengan pengamatan fenomena fisika dengan menekankan KPS dasar di awal perkuliahan melalui topik-topik eksperimen sederhana secara lebih kompleks membuat mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan eksperimen berbasis KPS mampu melatih KPS dengan baik dan meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa.


Nama : Fithrotul Azizah 

NIM   : 220321810697




No comments:

Post a Comment

Berdo'a kepada Allah Melalui Kanjeng Nabi Muhammad SAW

 Oleh : KH Syaifuddin Zuhri Tempat : Masjid Al-Azhar Turen Usaha kita yang pendosa ini adalah berusaha dan berdo'a, meminta wasilah kubr...