Judul Jurnal : THE EFFECT OF BASIC MATHEMATICAL ABILITIES ON LEARNING
OUTCOMES OF PHYSICS EDUCATION STUDENTS
Kebaharuan Jurnal :
Riset ini dilakukan untuk mengidentifikasi
efek dari kemampuan matematika dasar dalam proses belajar fisika dalam sub
pembelajaran Metode Pengukuran. Subjek yang diteliti adalah para mahasiswa
sarjana semester empat Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia. Penelitian
ini didasarai observasi dari proses belajar Metode Pengukuran dan kemudian
dilakukan riset eksperimental. Metode untuk pengumpulan data pada riset ini
adalah dengan cara memberikan soal test kepada para subjek (mahasiswa) setelah
pembelajaran dilakukan.
Konsep kebaharuan jurnal ini adalah berfokus
dalam analisis kemampuan matematis para mahasiswa pendidikan fisika yang
dinilai masih kurang baik. Dimana pemahaman matematika dalam proses
pembelajaran ilmu fisika sangat dibutuhkan. Matematika sebagai bahasa yang
abstrak mampu menjelaskan rumus fisika dengan lebih gamblang. Meskipun fisika
juga harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, namun dalam pemahaman
konsep dalam rumus fisika sangat dibutuhkan pemahaman matematik yang baik.
Metode Penelitian :
Metode yang dilakukan dalam riset ini adalah
dengan digunakan set soal yang dijadikan instrumen uji. Subjek yang diuji
adalah mahasiswa pendidikan fisika semester empat yang terdiri dari tiga kelas.
Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 88 mahasiswa. Pada tahap
awal setiap kelas diberikan tes kemampuan dasar matematika untuk mengetahui
sejauh mana pemahaman matematis para mahasiswa. Kemudian, di akhir perkuliahan,
para mahasiswa diberikan tes hasil pembelajaran untuk mengetahui pemahaman
mahasiswa terhadap kuliah yang diberikan. Oleh karenanya, penelitian ini
terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas berupa kemampuan dasar matematis dan
variabel terikat berupa hasil pembelajaran.
Metode Pengolahan Data :
Instrumen tes yang digunakan dalam riset ini
ada dua jenis, yaitu tes kemampuan dasar matematika dan tes hasil pembelajaran.
Data hasil tes dianalisis dengan software SPSS 17. Tahapan pertama pengolahan
data adalah dilakukan uji prasyarat, yaitu test normalitas dan tes linearitas
pada variabel bebas dan variabel terikat. Hasil dari tes normalitas adalah
terdapat nilai untuk variabel kemampuan dasar matematika adalah 0,06. Kemudian nilai
untuk variabel hasil pembelajaran adalag 0,123. Sehingga disimpulkan bahwa
kedua variabel yang dipelajari telah memliki distribusi data yang normal. Kemudian
untuk hasil tes linieritas pada penelitian ini adalah 0,351. Maka kedua
variabel yang ada menunjukkan hubungan yang linear. Setelah dilakukan tes
normalitas dan tes linearitas, dilakukan analisis regresi.
Nama : Fithrotul Azizah
NIM : 220321810697
Prodi : Magister Pendidikan Fisika
No comments:
Post a Comment