Judul Jurnal : Development and didactic analysis of smartphone-based
experimental exercises for the smart physics lab
Kebaruan (Novelty) Jurnal :
Penggunaan smartphone
yang massif dalam proses pembelajaran memudahkan siswa untuk belajar dan
berlatih sesuai dengan kapasitas dan kecepatan berfikir masing-masing. Latihan
eksperimental berbasis smartphone juga telah dimasukkan sebagai bagian dari tugas
matakuliah pengantar mekanik di universitas. Pada penelitian ini penulis menguji
eksperimen berbasis smartphone untuk program smart physics lab (SPL). Eksperimen
SPL yang dilakukan berkaitan dengan materi mekanika dasar. Tujuan utama SPL ini
adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar fisika dan
untuk memperkuat motivasi mereka dalam pembelajaran fisika. Dengan bekerja menggunakan
smartphonenya, siswa dapat mengaplikasikan teori kedalam pemodelan nyata yang
dapat diobservasi. Proses problem-solving dalam SPL ini mampu memberikan siswa
gambaran nyata terkait masalah yang ada di dunia nyata.
Studi yang digunakan
dalam jurnal ini adalah quasi-experimental dimana ada grup kontrol dan grup
intervensi dan juga dilakukan pengambilan data pre-test dan post-test untuk
mengukur pencapaian belajar yang telah dipilih. Sebanyak 85 siswa
berpartisipasi dalam pre-test dan post-test. Grup intervensi terdiri dari
mahasiswa semester pertama yang terdaftar dalam pelatihan guru fisika. Grup kontrol
terdiri dari mahasiswa S1 Fisika semester I dan mahasiswa S1 Meteorologi.
Pengolahan data statistik
:
Untuk pengukuran prestasi belajar antara pra dan pasca tes, indeks Hake g ditentukan. Dihitung dari persentase jawaban benar pada pre-test (ppre) dan post-test (ppost). Indeks Hake menggambarkan rasio antara pencapaian belajar yang dicapai ppost ppre dan kemungkinan pencapaian belajar maksimum 1- ppre. Untuk evaluasi data yang dikumpulkan melalui survei dan tes konsep, digunakan analisis kovarians termasuk keanggotaan kelompok faktor atau uji-t.
Untuk menyelidiki
prestasi belajar, indeks Hake gi dihitung untuk setiap peserta dalam penelitian
dari data dari pre-test dan post-test.
Hasil empiris terhadap
prestasi belajar menunjukkan pengaruh positif yang signifikan dari latihan
eksperimen berbasis smartphone untuk topik dinamika benda tegar dengan ukuran
effect-size sedang d = 0,42. Untuk analisis topik gerak rotasi, prestasi
belajar yang positif untuk kedua kelompok dibuktikan, tetapi ukuran efek dari
latihan berbasis smartphone effect-size agak kecil pada d = 0,20. Beban
kognitif intrinsik dan erat ternyata serupa pada tingkat menengah untuk kedua
kelompok. Namun, beban kognitif ekstrinsik untuk kelompok intervensi menurun
secara signifikan, yang mungkin menjadi alasan mengapa latihan eksperimental
yang lebih kompleks mendorong pemahaman konseptual.
Nama : Fithrotul Azizah
NIM : 220321810697
No comments:
Post a Comment