Tuesday, October 25, 2022

Resume Jurnal Statistik Inferensial (Pertemuan Kesembilan)

 

Judul Jurnal : Development and didactic analysis of smartphone-based experimental exercises for the smart physics lab

DOI

Kebaruan (Novelty) Jurnal :

Penggunaan smartphone yang massif dalam proses pembelajaran memudahkan siswa untuk belajar dan berlatih sesuai dengan kapasitas dan kecepatan berfikir masing-masing. Latihan eksperimental berbasis smartphone juga telah dimasukkan sebagai bagian dari tugas matakuliah pengantar mekanik di universitas. Pada penelitian ini penulis menguji eksperimen berbasis smartphone untuk program smart physics lab (SPL). Eksperimen SPL yang dilakukan berkaitan dengan materi mekanika dasar. Tujuan utama SPL ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar fisika dan untuk memperkuat motivasi mereka dalam pembelajaran fisika. Dengan bekerja menggunakan smartphonenya, siswa dapat mengaplikasikan teori kedalam pemodelan nyata yang dapat diobservasi. Proses problem-solving dalam SPL ini mampu memberikan siswa gambaran nyata terkait masalah yang ada di dunia nyata.

Studi yang digunakan dalam jurnal ini adalah quasi-experimental dimana ada grup kontrol dan grup intervensi dan juga dilakukan pengambilan data pre-test dan post-test untuk mengukur pencapaian belajar yang telah dipilih. Sebanyak 85 siswa berpartisipasi dalam pre-test dan post-test. Grup intervensi terdiri dari mahasiswa semester pertama yang terdaftar dalam pelatihan guru fisika. Grup kontrol terdiri dari mahasiswa S1 Fisika semester I dan mahasiswa S1 Meteorologi.

Pengolahan data statistik :

Untuk pengukuran prestasi belajar antara pra dan pasca tes, indeks Hake g ditentukan. Dihitung dari persentase jawaban benar pada pre-test (ppre) dan post-test (ppost). Indeks Hake menggambarkan rasio antara pencapaian belajar yang dicapai ppost ppre dan kemungkinan pencapaian belajar maksimum 1- ppre. Untuk evaluasi data yang dikumpulkan melalui survei dan tes konsep, digunakan analisis kovarians termasuk keanggotaan kelompok faktor atau uji-t.

Untuk menyelidiki prestasi belajar, indeks Hake gi dihitung untuk setiap peserta dalam penelitian dari data dari pre-test dan post-test.

Hasil empiris terhadap prestasi belajar menunjukkan pengaruh positif yang signifikan dari latihan eksperimen berbasis smartphone untuk topik dinamika benda tegar dengan ukuran effect-size sedang d = 0,42. Untuk analisis topik gerak rotasi, prestasi belajar yang positif untuk kedua kelompok dibuktikan, tetapi ukuran efek dari latihan berbasis smartphone effect-size agak kecil pada d = 0,20. Beban kognitif intrinsik dan erat ternyata serupa pada tingkat menengah untuk kedua kelompok. Namun, beban kognitif ekstrinsik untuk kelompok intervensi menurun secara signifikan, yang mungkin menjadi alasan mengapa latihan eksperimental yang lebih kompleks mendorong pemahaman konseptual.

 

Nama : Fithrotul Azizah

NIM : 220321810697

Prodi : Magister Pendidikan Fisika




No comments:

Post a Comment

Berdo'a kepada Allah Melalui Kanjeng Nabi Muhammad SAW

 Oleh : KH Syaifuddin Zuhri Tempat : Masjid Al-Azhar Turen Usaha kita yang pendosa ini adalah berusaha dan berdo'a, meminta wasilah kubr...