Judul Jurnal : Framework for Evaluating Statistical Models in Physics Education Research
DOI: 10.1103/PhysRevPhysEducRes.17.020104
Kebaharuan (Novelty) dari jurnal :
Ranah riset pendidikan fisika semakin
berkembang terutama dalam ranah pengembangan berfikir kritis, evaluasi metode
statistik dan pengembangan teknologi pembelajaran. Sejak tahun 2019 jurnal Physical
Review telah mengumpulkan metode kuantitatif yang telah teruji dalam bidang
riset pendidikan fisika di Amerika. Terungkap ada efek yang muncul akibat banyaknya
pengembangan riset yang dilakukan untuk pengaplikasian metode belajar berbasis
mesin. Banyak siswa yang merasa terbebani dalam penggunaan mesin pembelajaran
tersebut dikarenakan siswa terlalu disibukkan dalam uji prediksi (pretest dan
postes) dibanding penjelasan terhadap konsep materi belajar.
Jurnal ini melakukan pengujian lebih lanjut
mengenai efek dari mesin pembelajaran dalam penyampaian materi pendidikan
fisika, penyajian proses manajemen data, model evaluasi dan cara menyampaikan
hasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk (i) mengetahui mana murid yang ingin keluar
dari peminatan fisika, (ii) murid mana yang membutuhkan perhatian lebih dalam
belajar fisika dan (iii) jenis pola pembelajaran yang membantu murid
mempersiapkan diri untuk tingkat universitas. Untuk itu jurnal ini mereview
bagaimana model statisik yang telah digunakan dalam riset pendidikan fisika dan
mendeskripsikan cara kerja model statistik dan mesin pembelajaran yang telah
diperbaharui dan dievaluasi.
Kerangka penelitian yang digunakan
berlandaskan hasil riset pendidikan fisika yang telah dikumpulkan, kemudian
dikombinasikan dengan pengembangan statistika dan mesin pembalajaran yang
dikembangkan oleh penulis. Pemodelan yang digunakan penulis adalah model
agnostik yang akan tetap bekerja pada model linier tradisional dan akan bekerja
dengan lebih kompleks dalam model mesin pembelajaran. Kesimpulannya, penulis menyajikan
dua studi kasus sekaligus: (i) menggunakan data set Learing About STEM
Student Outcomes (LASSO); dan (ii) menggunakan data dari Colorado
Learning Attitudes about Science Survey for Experimental Physics(E-CLASS). Kedua
studi kasus tersebut menunjukkan pentingnya menilai kemampuan prediksi melebihi
batasan yang ada dalam riset pendidikan fisika kuantitatif sebelumnya.
Analisis Statistik :
Bagan pengembangan jenis regresi yang harus
dipertimbangkan dalam riset pendidikan fisika :
Dalam Jurnal ini penulis menggunakan tiga metode berbeda untuk menyampaikan model regresi. Metode tersebut digunakan untuk mengestimasi hasil dari respon variabel y, yang didasarkan pada beberapa kovariat x. Di dalam kasus LASSO, y sebagai hasil post-tes, sedangkan dalam kasus E-CLASS y adalah variabel biner yang menunjukkan siswa tersebut mengikuti pembelajaran tingkatan tertentu.
(1) Regresi Ordinary least squares
(OLS)
(2) Regresi Hierarki Linier
(3) Gradient Boosting
Nama : Fithrotul Azizah
NIM : 220321810697
Prodi : Magister Pendidikan Fisika
No comments:
Post a Comment