Wednesday, September 7, 2022

Jurnal Statistik Inferensial (Pertemuan Kedua)

 Judul Jurnal : Framework for Evaluating Statistical Models in Physics Education Research

DOI: 10.1103/PhysRevPhysEducRes.17.020104  


Kebaharuan (Novelty) dari jurnal :

Ranah riset pendidikan fisika semakin berkembang terutama dalam ranah pengembangan berfikir kritis, evaluasi metode statistik dan pengembangan teknologi pembelajaran. Sejak tahun 2019 jurnal Physical Review telah mengumpulkan metode kuantitatif yang telah teruji dalam bidang riset pendidikan fisika di Amerika. Terungkap ada efek yang muncul akibat banyaknya pengembangan riset yang dilakukan untuk pengaplikasian metode belajar berbasis mesin. Banyak siswa yang merasa terbebani dalam penggunaan mesin pembelajaran tersebut dikarenakan siswa terlalu disibukkan dalam uji prediksi (pretest dan postes) dibanding penjelasan terhadap konsep materi belajar.

Jurnal ini melakukan pengujian lebih lanjut mengenai efek dari mesin pembelajaran dalam penyampaian materi pendidikan fisika, penyajian proses manajemen data, model evaluasi dan cara menyampaikan hasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk (i) mengetahui mana murid yang ingin keluar dari peminatan fisika, (ii) murid mana yang membutuhkan perhatian lebih dalam belajar fisika dan (iii) jenis pola pembelajaran yang membantu murid mempersiapkan diri untuk tingkat universitas. Untuk itu jurnal ini mereview bagaimana model statisik yang telah digunakan dalam riset pendidikan fisika dan mendeskripsikan cara kerja model statistik dan mesin pembelajaran yang telah diperbaharui dan dievaluasi.

Kerangka penelitian yang digunakan berlandaskan hasil riset pendidikan fisika yang telah dikumpulkan, kemudian dikombinasikan dengan pengembangan statistika dan mesin pembalajaran yang dikembangkan oleh penulis. Pemodelan yang digunakan penulis adalah model agnostik yang akan tetap bekerja pada model linier tradisional dan akan bekerja dengan lebih kompleks dalam model mesin pembelajaran. Kesimpulannya, penulis menyajikan dua studi kasus sekaligus: (i) menggunakan data set Learing About STEM Student Outcomes (LASSO); dan (ii) menggunakan data dari Colorado Learning Attitudes about Science Survey for Experimental Physics(E-CLASS). Kedua studi kasus tersebut menunjukkan pentingnya menilai kemampuan prediksi melebihi batasan yang ada dalam riset pendidikan fisika kuantitatif sebelumnya.

 

Analisis Statistik :

Bagan pengembangan jenis regresi yang harus dipertimbangkan dalam riset pendidikan fisika :


Dalam Jurnal ini penulis menggunakan tiga metode berbeda untuk menyampaikan model regresi. Metode tersebut digunakan untuk mengestimasi hasil dari respon variabel y, yang didasarkan pada beberapa kovariat x. Di dalam kasus LASSO, y sebagai hasil post-tes, sedangkan dalam kasus E-CLASS y  adalah variabel biner yang menunjukkan siswa tersebut mengikuti pembelajaran tingkatan tertentu.

(1) Regresi Ordinary least squares (OLS)


(2) Regresi Hierarki Linier

(3) Gradient Boosting



Nama : Fithrotul Azizah

NIM : 220321810697

Prodi : Magister Pendidikan Fisika

 

 

No comments:

Post a Comment

Berdo'a kepada Allah Melalui Kanjeng Nabi Muhammad SAW

 Oleh : KH Syaifuddin Zuhri Tempat : Masjid Al-Azhar Turen Usaha kita yang pendosa ini adalah berusaha dan berdo'a, meminta wasilah kubr...