Wednesday, December 21, 2022

Rangkuman jurnal libur akhir tahun (2)

Judul : The Impact of the Use of STEM Education Approach on the Blended Learning to Improve Student's Critical Thinking Skills

DOI

Latar belakang : Terdapat beberapa aspek yang ditemukan, misalnya siswa masih kesulitan memahami konsep fluida dinamis khususnya konsep kontinuitas dan persamaan Bernoulli dengan penerapannya. Salah satunya adalah siswa kurang memperhatikan guru selama proses belajar mengajar. Selain itu, pembelajaran fisika hanya menyajikan rumusan tanpa mengetahui tujuannya dan banyak siswa yang kurang percaya diri.

Tujuan : Penelitian ini mengeksplorasi dampak blended learning dengan menggunakan pendekatan pendidikan STEM terhadap peningkatan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas.

(Topiknya adalah fluida dinamis. Konsep fluida dinamis terdiri dari konsep fluida ideal, persamaan kontinuitas, Hukum Bernoulli, dan penerapan Hukum Bernoulli melalui Terrocelli, venturimeter, pipa pitot, dan gaya angkat pada pesawat terbang.)

Kebaharuan penelitian :

Penggunaan blended learning dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan siswa, serta dapat menjadi peluang untuk mengintegrasikan pengembangan dan teknologi inovatif melalui pendidikan daring.

Mencermati hasil penelitian yang ada, sepertinya blended learning belum banyak diimplementasikan di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengungkap dampak penerapan pendekatan pendidikan STEM pada pembelajaran campuran.

Kontribusi dalam penelitian ini terletak pada kerangka unik yaitu dalam proses penyampaian pengetahuan menggunakan blended learning yang disematkan pendekatan pendidikan STEM untuk pelajaran fisika SMA di pedesaan.

Metode Penelitian :

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design.

Populasi yang digunakan adalah SMA di Nusa Tenggara Barat tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa masing-masing 27 siswa. Sampel diambil secara acak untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dari mata kuliah populasi penelitian.

Kelompok eksperimen diajar dengan blended learning yang menggunakan pendekatan pendidikan STEM. Kelompok kontrol disiapkan dengan kegiatan konvensional. Kovariat dalam penelitian ini adalah pengetahuan awal. Variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis yang diukur dengan menggunakan tes esai. Analisis statistik yang digunakan adalah ANCOVA dengan error margin 0,05.


Hasil :


Pengaruh pengetahuan awal siswa dan pendekatan pendidikan STEM pada blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa secara simultan dapat dilihat dari angka signifikansi pada Corrected Model. Dapat dilihat bahwa jumlah yang signifikan adalah 0,000. Karena angka signifikan kurang dari 0,05, maka secara simultan pengetahuan awal siswa dan pembelajaran yang digunakan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis. Berikut penjabarannya dalam tabel 7 dan 8 :



Dari data pada Tabel 9, blended learning dengan pendekatan pendidikan STEM lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir esensial dan minat belajar dibandingkan dengan konvensional.


Hasil penelitian menemukan bahwa blended learning dengan pendekatan pendidikan STEM meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Dengan hasil seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tampaknya pengetahuan awal siswa memiliki kontribusi terhadap tingkat kemampuan berpikir kritis siswa SMA di Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Keterbatasan penelitian ini adalah selama pembelajaran daring, siswa dengan literasi digital kurang masih membutuhkan pendampingan dari guru di awal pembelajaran.

Rekomendasi : Dalam penelitian ini, beberapa aspek dapat dikaji sebagai variabel yang terpisah, yaitu: sistem manajemen pembelajaran yang digunakan, interaksi guru dan siswa selama blended learning, karakteristik materi pengajaran, dan karakteristik siswa. Dampak yang terlihat masih pada outcome yaitu kemampuan berpikir kritis. Namun pengaruh terhadap keluaran seperti tingkat interaksi yang berhubungan dengan kehadiran guru, kehadiran sosial dan kehadiran akademik belum diteliti. Sementara banyak peneliti masih melihat banyak peluang yang bisa dilakukan agar pembelajaran online berjalan maksimal.


No comments:

Post a Comment

Berdo'a kepada Allah Melalui Kanjeng Nabi Muhammad SAW

 Oleh : KH Syaifuddin Zuhri Tempat : Masjid Al-Azhar Turen Usaha kita yang pendosa ini adalah berusaha dan berdo'a, meminta wasilah kubr...