Wednesday, January 25, 2023

Assessment of Learning


Judul Jurnal : An extension of the Thermodynamics Conceptual Reasoning Inventory (TCRI): measuring undergraduate students’ understanding of introductory thermodynamics concepts

DOI

Tujuan dan Novelty Jurnal :

Tujuan utama dari pendidikan sarjana adalah mahasiswa mampu memahami suatu konsep mendasar dan menerapkan pengetahuan untuk memecahkan suatu permasalah baru. Mahasiswa diharuskan memiliki pemahaman mendalam yang mendukung penalaran konseptual. Maka diperlukan instrumen yang dapat menilai kemampuan penalaran tersebut. Akan tetapi, kumpulan alat penilaian yang tersedia bagi instruktur atau peneliti untuk tujuan ini terbatas.

Dikembangkannya rancangan Thermodynamics Conceptual Reasoning Inventory (TCRI) untuk mengukur pemahaman mahasiswa (sarjana) tentang konsep dan hokum termodinamika. Kebaharuan dari jurnal ini adalah perluasan terkait 36 soal TCRI dengan reliabilitas dan validitas yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan bukti tambahan terkait validitas dan reliabilitas penggunaan dan interpretasi skor TCRI dengan sampel peserta yang lebih luas dan lebih dapat digeneralisasikan. Tujuan kedua dari studi ini adalah untuk mengukur apakah diperlukan revisi tambahan terhadap TCRI.

Metode Penelitian :

Terdapat 278 mahasiswa sebagai partisipan penelitian yang berasal dari 10 kelas yang menyajikan mata kuliah Termodinamika dari tiga Universitas di Amerika Serikat selama musim gugur dan musim semi. Persetujuan subyek manusia diperoleh sebelum melakukan penelitian, dan semua peserta setuju untuk berpartisipasi dalam penelitian. Standar etika APA diikuti selama penelitian berlangsung. TCRI berisi 36 item pilihan ganda dengan 34 item berpasangan dan dua item mandiri. Keseluruhan 17 pasangan item tersebut termasuk item penalaran konseptual dan item pembenaran.

Peneliti melakukan konsultasi individu untuk menentukan waktu pengimplementasian TCRI. Hal tersebut dimaksudkan agar : (a) semua konten yang dinilai dalam TCRI cukup diajarkan untuk semua partisipan, dan (b) semua partisipan dapat melaporkan sendiri nilai ujiannya.

Partisipan melaporkan secara mandiri skor yang didapat pada ujian pertama kuliah termodinamika. Partisipan  melaporkan secara mandiri IPK mereka dan nilai tersebut digunakan sebagai indikator dari kinerja akademik.

Pengolahan Data :

·         Normalitas dan distribusi skor TCRI dianalisis dengan uji skewness dan kurtosis z dan uji normalitas Shapiro-Wilk.

·         Reliabilitas skor TCRI dianalisis dengan menghitung alfa Cronbach sebagai ukuran konsistensi internal.

·         Hubungan antara skor TCRI dan indikator kinerja akademik lainnya, dinilai dengan menghitung korelasi antara skor TCRI dan nilai ujian kursus dan IPK.

·         Uji ANOVA satu arah digunakan untuk menganalisis perbedaan skor TCRI antara jurusan ME dan non-ME.

Hasil uji statistik :


Pembahasan dan intepretasi data hasil :

Di berbagai metrik, distribusi skor menunjukkan bahwa skor TCRI memiliki sensitifitas terhadap perbedaan di antara siswa dan memiliki potensi untuk berkembang dalam menguasai materi dari waktu ke waktu seiring dengan peningkatan pemahaman siswa tentang hukum pertama termodinamika. Selain itu, skor TCRI secara statistik berkorelasi signifikan dengan nilai ujian dan IPK. Hasil ini sangat menjanjikan mengingat variasi substansial yang terjadi secara alami antara universitas dan instruktur yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Selain itu, hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan dan interpretasi skor TCRI dapat meluas pada topic termodinamika yang relevan. Akan tetapi dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk menggeneralisasikan skor TCRI untuk populasi partisipan yang lebih luas.

 


No comments:

Post a Comment

Berdo'a kepada Allah Melalui Kanjeng Nabi Muhammad SAW

 Oleh : KH Syaifuddin Zuhri Tempat : Masjid Al-Azhar Turen Usaha kita yang pendosa ini adalah berusaha dan berdo'a, meminta wasilah kubr...