Tuesday, November 29, 2022

Resume Jurnal Statistik Inferensial (Pertemuan Ke Empatbelas)


Judul: Factors that negatively influence students’ transition from the traditional classroom to emergency remote education (ERT)

DOI

Kebaruan (Novelty Jurnal) :

Universitas di seluruh dunia harus mengadopsi Pengajaran Jarak Jauh Darurat (ERT) karena pandemi COVID-19. Perubahan mendadak ini memaksa siswa yang terbiasa dengan kelas tatap muka untuk beradaptasi dengan kenyataan baru. Aspek generasi usia mempengaruhi optimisme dan kesadaran belajar seseorang.  Generasi yang lebih tua memiliki perasaan optimisme yang lebih baik tentang pengajaran jarak jauh. Kemudian perlu diingat bahwa keadaan emosi mempengaruhi optimisme dan kesadaran belajar siswa. Dimana perasaan siswa dipengaruhi oleh kondisi sosial, teknologi, dan keluarga mereka. Sehingga sangat penting untuk menawarkan pelatihan teknologi untuk mengurangi dampak pada perubahan model pembelajaran.

Persoalan mendasarnya adalah tidak semua mahasiswa memiliki kondisi emosional, sosial, dan kekeluargaan yang sama untuk mengikuti kursus online. Jadi, untuk mengidentifikasi faktor tambahan dan memahami efek dari perubahan paradigma belajar yang tiba-tiba ini dalam kehidupan sehari-hari siswa, penelitian ini menjelaskan penyelidikan yang dilakukan dengan mahasiswa sarjana tentang ERT. Selain itu, untuk memverifikasi faktor negatif yang mempengaruhi transisi siswa, diukur dua variabel ERT : tingkat optimisme dan kesadaran belajar.

Analisis Data Statistik :

Untuk analisis statistik, penulis menggunakan paket IBM SPSS dan Microsoft Excel. Penulis menerapkan analisis faktor konfirmatori (CFA) untuk memvalidasi faktor pengukuran. Penulis menerapkan alpha Cronbach, reliabilitas komposit (CR), dan varians rata-rata diekstraksi (AVE) untuk menguji reliabilitas dan validitas data yang diperoleh. Tambahan, rasio Heterotrait-monotrait (HTMT) dari korelasi dihitung untuk menentukan validitas diskriminan model. Koefisien korelasi rank-order gamma Goodman dan Kruskal dan Spearman diterapkan untuk mengukur kekuatan dan arah hubungan yang ada antara skor faktor dengan setiap pertanyaan.

Terakhir, perbedaan generasi dan perasaan siswa (optimisme dan kesadaran belajar) di antara keempat faktor pengukuran tersebut dibandingkan dengan menerapkan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Untuk mengidentifikasi pasangan mean mana yang berbeda secara signifikan dan menyelidiki perbedaan antara beberapa kelompok, uji post hoc Fisher's Least Significant Difference (LSD) dilaksanakan.


Hasil :

Hasil perbedaan antara generasi usia untuk setiap faktor pengukur dan perasaan siswa (optimisme dan kesadaran belajar) (MANOVA) dirangkum dalam Tabel 1.



 

No comments:

Post a Comment

Berdo'a kepada Allah Melalui Kanjeng Nabi Muhammad SAW

 Oleh : KH Syaifuddin Zuhri Tempat : Masjid Al-Azhar Turen Usaha kita yang pendosa ini adalah berusaha dan berdo'a, meminta wasilah kubr...