Wednesday, February 22, 2023

Pekan ke – Enam : Tes Diagnostik Miskonsepsi

Judul : Identification of misconceptions on heat and temperature among physics education students using four-tier diagnostic test

DOI

Tujuan dan Kebaruan :

Penelitian ini tidak hanya dilakukan untuk mendiagnosa miskonsepsi siswa secara mendalam dengan menganalisis lima kategori miskonsepsi, tetapi juga mendiagnosa pemahaman konseptual siswa dari masing-masing subaspek. Penelitian ini mengggunakan four-tier Multiple Choice Test (MCT) dan mengkaji identifikasi miskonsepsi mahasiswa pendidikan fisika pada topik kalor dan suhu. Studi ini dimaksudkan untuk menjadi salah satu referensi bagi guru, dosen dan peneliti lainnya untuk mengenali sub-topik mana yang memiliki miskonsepsi terbesar tentang kalor dan suhu. Tujuan utama dari penelitian ini mengidentifikasi miskonsepsi siswa pendidikan fisika pada topik kalor dan suhu.

Metode :

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan model scanning. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan gambaran umum miskonsepsi tentang kalor dan suhu di kalangan mahasiswa di Yogyakarta. Metode ini dimaksudkan untuk menggambarkan fenomena yang ada, baik fenomena alam maupun fenomena rekayasa manusia.

Populasi :

Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika di Yogyakarta. Sedangkan sampelnya adalah 39 mahasiswa pendidikan fisika tahun pertama jurusan pendidikan fisika di Yogyakarta.

Alat untuk mengumpulkan data :

Four tier MCT adalah instrumen yang membentuk pilihan ganda pada tingkat pertama, tingkat kedua dan tingkat keempat. Sementara itu, pada tingkat ketiga terdapat pilihan alasan terbuka. Pilihan alasan terbuka bertujuan agar siswa lebih leluasa dalam memberikan alasan jawaban. Selain itu, instrumen ini juga memberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan alasan mengapa mereka memilih pilihan tersebut.

Analisis Data :

Four tier MCT dinyatakan dalam distribusi jawaban responden dalam banyak analisis tingkat keputusan. MCT ini memiliki lima kategori distribusi responden. Mereka adalah (a) konseptual ilmiah, (b) kurangnya pengetahuan, (c) miskonsepsi, (d) positif palsu dan (e) negatif palsu.

Hasil :

Instrumen Four tier MCT dapat mengukur pemahaman konsep mahasiswa calon guru fisika dalam berbagai kategori konsepsi: Scientific Understanding (SC), Lack of Knowledge (LK), Miskonsepsi (MCS), dan False Positive (FP) dan False Negative (FN). Sedangkan penyebab miskonsepsi siswa dibagi menjadi lima kategori. Yaitu Prakonsepsi (P); Intuisi (I); Penalaran yang Salah (W); Pemikiran Humanistik (HT); Pemikiran Asosiatif (AT).


Nama : Fithrotul Azizah 

NIM   : 220321810697

No comments:

Post a Comment

Berdo'a kepada Allah Melalui Kanjeng Nabi Muhammad SAW

 Oleh : KH Syaifuddin Zuhri Tempat : Masjid Al-Azhar Turen Usaha kita yang pendosa ini adalah berusaha dan berdo'a, meminta wasilah kubr...