Wednesday, April 12, 2023

Pertemuan ke Tigabelas : Asesmen Creativity

 

Judul : Promoting And Assessing Creativity And Innovation In Physics Undergraduates

Permasalahan yang relevan :

Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan untuk berinovasi adalah keterampilan penting dalam karir industri dan akademis. Terdapat usaha untuk menumbuhkan keterampilan kreatif dalam dunia bisnis, tetapi masih sedikit penelitian yang dilakukan dalam lingkup fisika. Secara khusus, hanya ada beberapa instrumen yang tersedia bagi pendidik yang hendak menilai kreativitas siswa fisika mereka, sehingga sulit untuk mengetahui apakah instruksi yang diberikan berpengaruh atau tidak.

Solusi yang sudah ada :

Ada sejumlah contoh terkemuka dalam bidang industri dimana perusahaan dan para eksekutif melakukan upaya yang disengaja untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi pada karyawan mereka. Upaya semacam itu jauh lebih jarang terjadi dalam pendidikan K-20, fisika atau lainnya. Memang, banyak yang berpendapat bahwa sistem pendidikan yang ada cenderung memadamkan kreativitas para siswa. Upaya untuk mengatasi kreativitas dan/atau inovasi dalam PER jarang terjadi, mungkin sebagian karena kurangnya pilihan untuk menilai kreativitas (meskipun penilaian kreativitas telah muncul selama penilaian pemecahan masalah).

Solusi yang ditawarkan :

Dalam penelitian ini, peneliti menguraikan sebuah mata kuliah pilihan baru di Colorado School of Mines di jurusan fisika yang dirancang untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi di jurusan fisika. Dalam penelitian ini, peneliti menyajikan upaya-upaya yang telah dilakukan untuk menilai mata kuliah ini secara formatif dengan menggunakan tablet PC dan perangkat lunak InkSurvey, dan secara sumatif dengan menggunakan Torrance Tests of Creative Thinking yang bersifat independen dari disiplin ilmu. Kami juga menjelaskan penelitian awal untuk mengembangkan instrumen khusus fisika untuk mengukur kreativitas.

Instrumen dan data :

Dalam setiap pengujian terhadap mata kuliah ini, kami memberikan Tes Berpikir Kreatif Torrance [5] sebelum dan sesudah pembelajaran. Tes Torrance adalah salah satu dari sedikit instrumen yang tervalidasi dengan baik untuk mengukur kreativitas [9], dan tidak bergantung pada jenis disiplin ilmu. Instrumen ini tersedia dalam format verbal dan figural. Dalam format verbal, siswa dihadapkan pada beberapa tugas yang melibatkan jawaban tertulis, membuat daftar pertanyaan dan hipotesis. Versi figural dari tes Torrance mengharuskan siswa membuat dan memodifikasi gambar dengan berbagai cara. Penilaian masing-masing dilakukan dengan rubrik standar. Jawaban dinilai berdasarkan jumlah (kelancaran), keaslian, detail (elaborasi), dan kecenderungan untuk berpindah-pindah di antara kategori yang berbeda (fleksibilitas), disertai dengan beberapa faktor minor lainnya. Mata kuliah tingkat dasar mendapatkan tes figural, dan mata kuliah tingkat atas mendapatkan tes verbal.


Nama : Fithrotul Azizah

NIM : 220321810697

S2 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang

No comments:

Post a Comment

Berdo'a kepada Allah Melalui Kanjeng Nabi Muhammad SAW

 Oleh : KH Syaifuddin Zuhri Tempat : Masjid Al-Azhar Turen Usaha kita yang pendosa ini adalah berusaha dan berdo'a, meminta wasilah kubr...